Hello,This is me!

Sony Swangga

Professional Digital Campaign Professional Public Relations Creative Marketer

Tips Sukses Lengkap Berjualan di Toko Online

  • - Sony Swangga -

Situs jual beli online atau lebih sering dikenal sebagai toko online bukanlah hal yang baru bagi kebanyakan orang. Selain karena hanya membutuhkan koneksi internet sebagai penunjang utamanya, toko online juga dinilai sangat murah atau tidak membutuhkan banyak biaya. Setiap orang tidak perlu memikirkan tentang menyewa tempat hingga biaya promosi untuk mencetak brosur atau biaya iklan yang cukup mahal di media massa.

Seiring berkembangnya teknologi dan tren pengguna situs jual beli online, maka semakin banyak pula pilihan yang dapat kita gunakan jika ingin menjadi penjual di situs jual beli online. Selain itu, kita juga akan dihadapkan dengan banyak pesaing yang tidak jarang menjual jenis atau nama produk yang sama dengan yang kita jual. Jumlahnya pun tidak sedikit. Persaingan bisnis di internet juga semakin rumit ketika kita tahu bahwa teknik promosi yang biasa kita lakukan di dunia nyata tidak cukup berguna dalam dunia maya. Namun jika kita pelajari, kesulitan tersebut dapat kita lewati jika mengetahui berbagai karakter dan tips berjualan di toko online.

Berikut adalah tips sukses berjualan di toko online.

Tips Sukses Berjualan di Toko Online

Bagi kita yang ingin memulai berbisnis di toko online, ada baiknya kita melewati tahap-tahap yang akan disampaikan berikut ini.

Memilih situs jual beli online

Setiap situs jual beli online tentunya saling bersaing dengan keunggulannya masing-masing. Persaingan itu tentunya bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjual yang dampaknya akan meningkatkan jumlah traffic website masing-masing. Namun bagaimana cara kita memilih situs jual beli online yang sesuai dengan yang kita inginkan? Berikut adalah cara kita memilih situs jual beli online untuk berjualan.

Memilih berdasarkan ratingnya

Setiap situs jual beli online saling bersaing meningkatkan rating. Ada banyak cara melihat rating suatu website di google, namun sayangnya tidak semua situs rujukan dapat memberikan hasil yang pasti. Pihak google pun tidak memiliki situs khusus untuk menilai rating website. Namun kebanyakan orang lebih menggunakan alexa.com untuk menilai rating suatu website.

Meskipun perhitungan alexa.com dengan google memiliki cara perhitungan berbeda, tidak ada salahnya kita mencoba menilai rating situs jual beli online menggunakan alexa.com. Caranya cukup mudah. Kunjungi websitenya di sini dan masukan alamat situs jual beli online yang ingin kita ketahui ratingnya. Jika angkanya semakin rendah, maka rating website tersebut semakin tinggi ratingnya.

Memilih berdasarkan fiturnya

Setiap situs jual beli online memiliki beragam fitur sebagai keunggulan demi memudahkan pembeli maupun penjual. Dalam situs jual beli online, salah satu fitur penting yang tidak boleh dilewatkan adalah fitur transaksi antar penjual dan pembeli. Semakin lengkap maka semakin baik. Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman dan saling percaya antara penjual maupun pembeli.

Memilih berdasarkan rekomendasi

Rekomendasi merupakan salah satu hal penting dalam memilih situs jual beli online. Rekomendasi bisa kita dapat dari orang-orang terdekat kita yang telah berhasil berjualan di toko online yang dipilih. Kita dapat mengetahui pengalaman dari sisi penggunaannya. Namun jangan lupa untuk melihat rekomendasi langsung dari para pembeli di beberapa toko online yang sudah ada.

Beberapa situs jual beli online memiliki fitur komentar dari pembeli atau fitur pemberi nilai. Kita cukup menilai seberapa banyak pembeli dari beberapa toko yang kita pilih sebagai contoh sebelumnya. Sama seperti kita melakukan riset pasar dari suatu situs jual beli online.

Identitas pemilik toko online

Melengkapi identitas pemilik toko online merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan. Sama seperti ketika calon pembeli menilai seperti apa sang pemilik toko. Jika identitas yang diberikan pemilik toko cukup lengkap, maka calon pembeli semakin percaya untuk memilih produk yang kita jual. Tentunya, calon pembeli juga semakin yakin untuk melakukan transaksi dengan kita.

Persiapkan foto produk yang akan dijual

Tahap selanjutnya, kita harus menyiapkan foto produk yang akan kita pajang di toko online kita. Foto produk berfungsi sebagai penjelasan melalui media visual terhadap produk yang kita jual. Sebisa mungkin, sediakan foto dengan kualitas yang baik. Kualitas yang baik bukan berasal dari ukuran file gambar, melainkan ketajaman gambar. Terkadang, kamera yang menghasilkan foto dengan ukuran besar, misal 10 mb (megapixel) tidak selalu menghasilkan foto setajam file yang hanya berukuran 5 mb. Hal ini dikarenakan kualitas lensa kamera yang memberi ketajaman gambar, bukan dari ukuran filenya.

Terdapat 3 jenis foto produk yang dapat kita pajang di toko online kita, yaitu:

Foto produk dengan objek tambahan

Foto produk dengan objek adalah menampilkan objek lain di produk kita dengan beberapa tujuan. Salah satunya demi menciptakan persepsi ukuran produk hingga dari segi kegunaan dan estetika.

Misalnya produk biskuit, kita akan mengambil gambar biskuit kita sedang berada diatas piring dan di sebelahnya terdapat secangkir teh.

Persepsi yang akan tercipta adalah:
  1. Biskuit yang kita jual besarnya tidak lebih dari cangkir.
  2. Biskuit yang kita jual dapat disajikan dan dinikmati bersama dengan teh.

Foto produk dengan model manusia

Foto produk dengan model manusia bertujuan untuk menciptakan persepsi yang kuat bahwa produk yang kita jual dapat digunakan atau dipakai atau dinikmati oleh calon pembeli kita. Selain itu, foto dengan model manusia juga dapat menciptakan persepsi tentang ukuran produk.

Misalnya, produk yang kita jual adalah tas wanita berwarna coklat tua dan difoto dengan model wanita karir bertubuh langsing pada umumnya dengan paras asia. Wanita tersebut mengenakan pakaian kerja berwarna putih. Kita akan mengambil gambar seorang wanita sedang mengenakan tas yang kita jual di bahunya.

Persepsi yang akan tercipta adalah:
  1. Tas yang kita jual ukurannya kira-kira sebesar 30 cm x 10 cm jika dilihat dari ukuran lengan dan bahu wanita langsing pada umumnya wanita asia.
  2. Tas yang kita jual cocok dikenakan oleh wanita karir dan cocok dipadukan dengan pakaian berwarna gelap.
Catatan:
Model manusia harus benar-benar sesuai dengan fungsi dan kegunaan produk. Jangan terlalu berlebihan atau calon pelanggan kita hanya akan terfokus dan tertarik dengan modelnya, bukan produknya.

Foto Produk tanpa objek tambahan

Berbeda dengan foto produk dengan objek atau produk dengan model manusia, foto produk tanpa objek tambahan menciptakan persepsi audiens agar lebih fokus tentang produk itu sendiri, misalnya dari sudut warna, tekstur, bentuk dan lain sebagainya. Umumnya, latar belakang produk tanpa objek tambahan berwarna putih atau warna yang kontras dengan warna produknya.

Deskripsi produk

Setelah menyiapkan foto produk, maka selanjutnya adalah tentang deskripsi produk. Deskripsi produk memiliki nilai penting yang tidak boleh dilewatkan. Pada dasarnya deskripsi produk berfungsi untuk menjelaskan produk yang kita jual. Kita juga dapat menambahkan kalimat promosi di dalam deskripsi produk. Selain itu, deskripsi produk memiliki kekuatan sebagai kata kunci bagi audiens kita dalam fitur pencarian.

Lengkapi deskripsi produk kita dengan menjelaskan tentang jenis produk, fungsi dan kegunaan produk, hingga elemen promosi demi menarik perhatian audiens kita. Lebih lengkapnya, kita dapat mengetahuinya di sini.

Harga Produk

Harga produk merupakan harga yang kita cantumkan sebagai bentuk penawaran produk kepada calon pembeli kita. Kita HARUS mencantumkan harga pada setiap produk yang kita jual. Namun, agar dapat melakukan negosiasi dengan calon pelanggan, beberapa penjual di toko online terkadang tidak mencantumkan harga atau bahkan menampilkan harga dengan nilai yang sangat kecil demi menutupi anggapan produk yang mahal. Sayangnya cara ini sangat tidak ampuh demi menarik pelanggan. Sebaliknya, pelanggan justru akan kehilangan kepercayaan terhadap si penjual karena kesan harga yang tidak pasti.

Di situs jual beli online, kita sering melihat produk yang sama dengan harga jual yang berbeda-beda dari berbagai penjual. Jika hal tersebut terjadi pada kita, ingatlah, persaingan dalam jual beli online tidak bisa dimenangkan hanya dari harga jual. Berbagai elemen yang sudah disampaikan diatas juga dapat menentukan.

Memanfaatkan Testimoni Kepuasan Pelanggan

Peran pelanggan tidak hanya sebatas dari transaksi penjualan. Kita juga dapat memanfaatkan testimoni pelanggan yang merasa puas terhadap produk maupun pelayanan yang kita berikan. Testimoni positif dapat berguna sebagai rekomendasi pelanggan ke calon pelanggan lainnya.

Beberapa toko online memiliki fitur komentar atau testimoni pelanggan yang dapat dilihat oleh calon pelanggan lain ketika melihat toko online kita. Semakin banyak testimoni positif dapat meningkatkan rasa percaya calon pembeli kita di waktu yang akan datang.

Konsisten Berbisnis

Meskipun berbisnis di dunia maya, tips yang tidak kalah penting adalah konsisten terhadap bisnis yang kita jalankan. Sikap konsisten yang harus kita perhatikan antara lain:

Konsisten terhadap brand atau merk

Setiap pelaku bisnis yang sukses selalu menjaga dan membangun brand sejak awal hingga sekarang. Jika kita memang konsisten mengenalkan brand kita sejak awal dan terus menerus membangunnya, maka calon pelanggan kita akan terus mengingat brand kita disaat mereka membutuhkannya.

Namun bagaimana jika adalah seorang reseller? Kita hanya perlu konsisten terhadap produk yang kita jual.

Konsisten terhadap jenis produk

Konsisten terhadap jenis produk menjadi hal yang sangat penting ketika kita ingin menciptakan persepsi bahwa kita dikenal sebagai penjual yang secara khusus menjual salah satu jenis produk. Contohnya, jika sejak awal kita menjual pakaian, maka jangan lagi menjual barang-barang elektronik. Selain membingungkan calon pembeli, kita juga akan dianggap tidak serius menjual produk.

Namun jika memang harus menjual banyak jenis produk, maka buatlah nama toko online yang berbeda-beda setiap produknya. Tantangannya adalah, kita akan berbagi fokus yang justru akan merepotkan kita nantinya. Tentunya kita juga akan kehilangan sikap konsisten kita.

Konsisten terhadap waktu

Siapa bilang berbisnis secara online tidak akan menyita waktu. Sebaliknya, kita harus banyak meluangkan waktu untuk membuka toko online kita atau alat komunikasi kita demi memantau dan selalu siap menangani calon pembeli maupun pelanggan kita. Hal ini karena berbisnis online dianggap sangat leluasa tanpa mengenal waktu, tempat dan kondisi apapun. Kita juga harus siap ketika calon pembeli kita berasal dari berbagai tempat atau negara sekalipun yang berbeda waktu.

Berjualan Multi Channel

Dunia maya memang sangat luas. Kita bisa dapat mempromosikan toko online kita kepada audiens yang lebih banyak. Kita dapat menggunakan media sosial, blog, dan lain sebagainya. Namun kita juga harus cermat jika ingin memperluas jaringan pemasaran kita. Pilihlah media lain yang sesuai dengan kebutuhan kita, fitur yang dimiliki, hingga tren penggunanya.

Contohnya jika kita memilih facebook sebagai media sosial untuk menunjang kegiatan pemasaran toko online kita. Kita juga perlu mengelola facebook kita agar calon pelanggan tertarik.

Baca: Tips Lengkap Memulai Bisnis Menggunakan Facebook 


Nah, punya cara lain yang lebih ampuh terkait Tips Sukses Lengkap Berjualan di Toko Online?

Silakan berkomentar di bawah.

(***)


Ditulis oleh:
Sony Swangga
Praktisi Humas, Social Media dan Pemasaran Digital

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 komentar:

Sony Swangga
+6285693433333
Jakarta, Indonesia

HUBUNGI SONY SWANGGA