Hello,This is me!

Sony Swangga

Professional Digital Campaign Professional Public Relations Creative Marketer

Fenomena Bisnis Trending Topic di Twitter

  • - Sony Swangga -

Fenomena Bisnis Trending Topic Twitter di Indonesia


Trending Topic di Twitter

Trending topic merupakan salah satu fitur unggulan twitter yang bertujuan untuk melihat bagaimana sebuah topik dapat menjadi tren di twitter. Trending topic sendiri tercipta dari adanya pembicaraan (tweet) yang sama dari banyak akun dalam periode atau rentang waktu tertentu.

Sebagai pengguna, kita dapat melihat beragam topik yang menjadi tren berdasarkan lokasi kota, negara, atau bahkan dunia, semua tergantung dari seberapa banyak jumlah tweet yang tercipta pada momen tersebut.

Proses trending topic lokal, negara dan dunia

Jika kita menilai sebuah tren dapat tercipta dari kesamaan pemikiran pengguna twitter, misalnya saja pada saat momen hari raya, kita tentunya juga akan berbicara hal yang sama tentang segala sesuatunya yang berkaitan dengan hari raya.

Tren yang seperti ini juga dapat tercipta karena ketertarikan kita akan suatu topik yang sedang menjadi tren.

Sayangnya, trending topic seringkali sengaja diciptakan bukan karena kesamaan pemikiran dan ketertarikan kita. Dengan kata lain, ada banyak trending topic tersebut sebenarnya tidak kita pahami, tidak kita sukai untuk kita bicarakan, atau bahkan kita tidak pernah tahu trending topic ini benar-benar merupakan topik yang dibacarakan banyak orang atau tidak.

Sebelum membahas fenomena tersebut, ada baiknya kita harus mengetahui tentang apa yang dimaksud trending topic twitter dari segi proses dan algoritma twitter.

Terciptanya Proses Trending Topic Twitter

Twitter sendiri sebenarnya memiliki algoritma tentang fitur trending topic. Agar tercipta trending topic, ada beberapa proses yang dapat kita ketahui seperti gambar dibawah ini.
Proses trending topic twitter
Semakin banyak akun yang berbicara topik yang sama dengan kalimat yang berbeda-beda, twitter akan mencatat dan menghitungnya agar menjadi trending topic. Namun jika kita menggunakan teks yang sama dengan akun yang berbeda, misalnya kita mempunyai 100 akun yang melakukan tweet dengan kalimat tweet yang sama, maka twitter hanya akan mencatat 1 dari akun yang pertama kali melakukan tweet.

Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat dengan mudah membuat trending topic di twitter. Namun tak jarang kita jumpai tentang bisnis trending topic di twitter.

Bisnis Trending Topic di Twitter

Secara sederhana, bisnis ini terjadi ketika seseorang atau sekelompok orang yang mampu melakukan trending topic di twitter menyewakan jasanya kepada perusahaan dalam memasarkan produknya di twitter dengan tujuan menciptakan anggapan bahwa produknya sedang menjadi tren yang dibicarakan orang banyak.

Harga trending topik

Harga yang ditawarkan oleh penyedia jasa trending topic cukup beragam. Semua tergantung dari seberapa besar potensi terciptanya trending topic. Harga trending topic di twitter dapat ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan seperti:

Jangkauan

Harga berdasarkan jangkauan trending topic menjadi salah satu yang harus diperhitungkan. Penyedia jasa trending topic memberikan pilihan apakah trending topic yang diinginkan hanya terbatas pada trending topic lokal, skala nasional, atau hingga trending topic worldwide.

Rangking

Selain jangkauan trending topic, rangking dalam tren menentukan harga selanjutnya yang ditawarkan penyedia jasa trending topic.

Frekuensi

Penyedia jasa trending topic juga berdasarkan seberapa lama waktu topik yang dipesan dapat bertahan.

Momen

Momen merupakan salah satu pertimbangan penyedia jasa trending topic. Harga untuk menjadi trending topic pada hari biasa jauh lebih murah dibandingkan harga trending topic di momen tertentu seperti hari libur, hari raya, dan momen tertentu lainnya.

Kompetitor

Kompetitor merupakan salah satu alasan pertimbangan harga trending topic yang ditawarkan. Karena bisnis ini bukan 1 atau 2 saja yang menjalankan, melainkan sudah cukup banyak jasa trending topic di twitter.

Pertimbangan ini juga sebagai riset dasar seberapa besar kuat topik yang dijalankan oleh kompetitor. Misalnya, jika kita sebagai pengguna ingin menjadikan produk makanan produksi rumahan, harganya akan sangat mahal jika bersaing dengan merk terkenal yang juga menggunakan jasa trending topic. Itupun juka memang memungkinkan produk kita akan menjadi trending topic. Atau, cara lain dengan menggunakan buzzer.

Buzzer

Setiap jasa trending topic biasanya memiliki buzzer-buzzer tersendiri. Buzzer adalah akun yang memiliki popularitas tinggi.

Contoh buzzer yang sering kita temui adalah artis-artis yang memiliki banyak follower di akunnya. Dengan anggapan bahwa apapun yang dikatakan sang idola, penggemarnya akan menyukai dan mengikutinya.


Efektifitas penggunaan jasa trending topic di twitter

Dari harga yang ditawarkan yang tidaklah murah, bahkan bisa mencapai puluhan juta Rupiah, pengguna jasa trending topic tidak dapat dengan mudah memutuskan seperti apa saja tujuan yang ingin dicapainya.

Secara sederhana, jasa trending topic dapat meningkatkan penyebaran informasi secara luas. Tapi apakah benar banyaknya pengguna twitter sebanding dengan harga informasi yang kita sebarkan, sebelumnya inilah data tren pengguna social media di Indonesia.

Data Pengguna Social Media di Indonesia Tahun 2015 - Sumber: We Are Social
Pada gambar tersebut, kita dapat mengetahui bahwa pengguna twitter di Indonesia berada pada peringkat ke-3. Lalu mari kita lihat perbedaan pengguna twitter di Indonesia pada awal tahun 2016.

Data Pengguna Social Media di Indonesia Tahun 2016 - Sumber: We Are Social
Pengguna twitter di Indonesia pada tahun 2016 menurun hingga pada peringkat ke-7. Hasil ini jauh berbeda hanya dalam kurun waktu 1 tahun.

Dari grafik di atas, kita hanya dapat mengetahui jumlah pengguna social media berdasarkan jumlah akun yang terdaftar.

Sayangnya, kita tidak dapat mengetahui jumlah pasti pengguna aktif social media. Bisa jadi, pengguna aktif twitter hanya setengah dari jumlah akun keseluruhan. Hal ini karena berkurangnya tren pengguna aktif dan maraknya penggunaan akun palsu demi kepentingan tertentu.

Kepentingan tertentu?

Ya, salah satunya adalah jasa trending topic di twitter yang tidak lepas dari banyaknya penggunaan akun palsu demi menciptakan trending topic.

Kesimpulannya? Apakah dengan harga puluhan juta Rupiah sebanding dengan informasi yang disebarkan dengan trending topic yang hanya dari 1 channel social media twitter?

Kita sendiri yang menilai.

Ditulis oleh:
Sony Swangga
Praktisi Humas, Social Media dan Pemasaran Digital

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

3 komentar:

  1. benar sekali, media sosial saat ini menggunakan trending topik sebagai sarana berbisnis. Saking rajinnya merumuskan tranding topik itu terkadang ditempuh dengan cara2 curang. Semisal facebook, yang merumuskan trending topik hanya berpegang dari celoteh di 10 akun facebook. Jadi akan membuat pihak lain terjebak dalam lingkaran setan yang tak pernah usai

    BalasHapus
  2. tpi menurut aku sih tranding topik yg berpengaruh besar yaitu youtube twitter sama instagramBTW aku mau reccomend nih ka mumpung lagi promo JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    BalasHapus

Sony Swangga
+6285693433333
Jakarta, Indonesia

HUBUNGI SONY SWANGGA