Hello,This is me!

Sony Swangga

Professional Digital Campaign Professional Public Relations Creative Marketer

Tips Lengkap Memulai Bisnis Menggunakan Facebook

  • - Sony Swangga -
Tips Berbisnis Menggunakan Facebook

Berbisnis menggunakan social media bukan merupakan hal yang baru bagi kebanyakan orang. Salah satunya berbisnis menggunakan facebook. Berdasarkan survey pada 


Tips Lengkap Memulai Bisnis Menggunakan Facebook

Perbanyak teman di Facebook

Fungsi dasar social media adalah kita dapat terhubung dengan banyak orang kapanpun dan dimanapun melalui situs jejaring sosial. Sama halnya dengan berbisnis. Pelanggan pertama kita adalah orang terdekat dengan kita.

Jadi, ketika kita ingin memulai bisnis di social media, hal pertama yang kita perlukan adalah memiliki teman. Semakin banyak teman yang kita miliki, maka semakin besar peluang bisnis kita akan maju. Jadi, ayo perbanyak teman.


Analisis Kompetitor di Facebook

Seperti halnya berjualan di dunia nyata, selain pelanggan, kita juga akan dihadapkan dengan kompetitor. Kita bukanlah yang pertama berbisnis menggunakan facebook, dan bisa jadi jenis usaha atau jenis produk kita sudah ada sebelumnya di facebook, atau mungkin sudah ada banyak.

Tapi jangan berpikir bahwa bisnis yang ada kompetitornya akan terasa semakin sulit. Kita dapat mempelajari banyak dari kompetitor yang sudah lebih dulu menggunakan facebook. Itu hal menariknya.

Membuat Fanpage

Dalam dunia bisnis, Fanpage adalah salah satu fitur dalam facebook yang sangat penting seperti halnya toko di dunia nyata. Jika salah satu faktor terbesar dekorasi toko mempengaruhi minat pengunjung untuk masum ke toko kita, maka tampilan fanpage juga harus kita 'rias' dengan sangat baik agar fans kita juga berminat untuk sering mengunjungi fanpage kita.

Cara Membuat Fanpage Facebook

Masuk halaman facebook

Login menggunakan akun pribadi kita yang nantinya akan menjadi admin utama fanpage kita. Selanjutnya..

Pilih Buat Halaman

Pilih menu dropdown di pojok kanan atas dan pilih Buat Halaman. Setelah itu..

Pilih Jenis Fanpage



Pilih jenis fanpage yang akan kita buat. Sesuaikan dengan apa yang menjadi tujuan kita membuat fanpage.

Pilihlah secara bijak, karena facebook akan menjadikan pilihan kita terdaftar dalam situs pencarian yang nantinya akan digunakan calon pelanggan anda, termasuk berpengaruh pada proses selanjutnya.

Sebagai contoh, kategori yang akan kita pilih adalah Tempat atau Bisnis Lokal. Isilah kolom untuk melengkapi identitas dasar fanpage kita.

Sebagai contoh, kita memasukkan nama Digigo sebagai nama bisnis.


Masukkan Kategori, Deskripsi dan Situs Web



Lanjutkan dengan mengisi kategori. Kategori ini berfungsi sebagai tag yang nantinya akan terdaftar dalam pencarian facebook.

Masukkan kategori secukupnya sesuai dengan identitas usaha kita.

Jangan sampai kita mengisinya terlalu berlebihan karena hanya akan mempengaruhi kredibilitas bisnis kita, termasuk mempersulit pencarian bisnis kita pada fitur pencari facebook.

Lalu masukkan alamat website kita (jika punya).

Pada kolom "Pilih alamat web Facebook yang unik agar orang lebih mudah menemukan Halaman Anda", masukkan nama bisnis atau nama brand atau nama produk kita. Kolom ini sangat penting sebagai identitas alamat link fanpage kita.


Memasukkan logo sebagai foto profil fanpage

Gunakan logo bisnis kita atau logo produk kita sebagai foto profil. Jangan gunakan gambar foto produk kita atau bahkan foto kegiatan bisnis kita sebagai foto profil.

Mengatur Fans

Atur pemirsa halaman pilihan. Disini kita bisa mengatur segmentasi calon fans kita berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, minat, dan bahasa.

Pilihlah yang bena-benar sesuai dengan calon pelanggan bisnis kita. Setelah itu kita akan memasuki tampilan fanpage kita yang 'setengah' jadi. Kita harus melengkapinya di sini.


Memasukkan foto sampul fanpage

Foto sampul dapat berfungsi sebagai banner. Ibarat toko dunia nyata, foto sampul merupakan dekorasi yang akan menarik minat fans kita agar mau berinteraksi di fanpage kita. Langkah selanjutnya, adalah tahap mengundang calon pelanggan.


Mengajak teman untuk bergabung di fanpage


Kita dapat mengundang teman-teman facebook kita untuk mengklik Suka atau Like fanpage kita. Pilihlah yang menurut kita memiliki potensi sebagai pelanggan kita atau pilihlah semua sebagai upaya memperbesar kemungkinan terjaringnya pelanggan kita. 


Tahap selanjutnya, Kita harus membuat Facebook Group / Grup Facebook


Bergabung di Facebook Group

Berbeda dengan fanpage, facebook group memiliki fungsi sebagai hubungan komunitas calon pelanggan.

Disini kita bebas secara langsung mengundang banyak orang dan memposting konten yang langsung dapat dibaca oleh pelanggan kita tanpa mereka harus mengklik suka atau like terlebih dahulu seperti fanpage.

Dalam facebook group tidak hanya kita, setiap orang dapat melakukan penawaran jual beli. Setiap orang dapat memposting sesuatu dengan atau tanpa persetujuan kita sebagai admin.

Lalu, tujuan kita membuat facebook group?


Tujuan bergabung facebook group

Tujuan bergabung facebook group untuk bisnis adalah demi meningkatkan peluang pemasaran yang lebih baik lagi.

Contohnya, facebook group dengan nama Forum Jual Beli Online Jakarta.

Dari namanya kita bisa melihat bahwa facebook group ini merupakan forum jual beli online yang berlokasi atau memiliki anggota grup yang memiliki kegiatan jual beli online di Jakarta.

Jadi, kemungkinan anggota grup tersebut terdiri dari penjual ataupun pembeli yang nantinya dapat kita targetkan sebagai calon pelanggan kita.

Semakin banyak member yang bergabung dalam facebook group, maka semakin besar kemungkinan kita mendapatkan pelanggan.

Selanjutnya, cara membuat konten yang disukai calon pelanggan di facebook.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

2 komentar:

Sony Swangga
+6285693433333
Jakarta, Indonesia

HUBUNGI SONY SWANGGA