Hello,This is me!

Sony Swangga

Professional Digital Campaign Professional Public Relations Creative Marketer

TIPS Lengkap Membuat Nama Brand Agar Lebih Cepat Terkenal di Era Digital

  • - Sony Swangga -
Masih ingat dengan kalimat "Apalah arti sebuah nama?" Ups, jangan bangga dengan istilah ketinggalan jaman itu, terutama ketika kita ingin membuat nama brand pada era dimana berbisnis semakin mudah bagi banyak orang.

Pernyataan singkat William Shakespeare yang pernah hidup di abad ke 16 tersebut kini tidak lagi berpengaruh besar di abad ini.

Membuat nama brand sama seperti ketika memberi nama buah hati kita, tentunya kita akan sangat bersungguh-sungguh membuat nama brand kita agar menjadi brand yang sangat dikenal dan dibutuhkan oleh banyak orang.


Namun membuat nama tidaklah semudah saat kita menyebutkannya. Nama brand menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan, keberlangsungan, atau bangkrutnya sebuah bisnis.

Masalahnya, berkembangnya teknologi digital menjadikan setiap orang dapat dengan mudah berbisnis dan membuat nama-nama brand sesuka hati. Ada jutaan nama brand tersebar di berbagai situs internet.


Padahal, baru tentang nama brand saja kita sudah memasuki persaingan yang sengit. Siapa yang lebih dulu menggunakan nama sebuah brand di internet, atau siapa yang dapat menjadikan brandnya dapat dengan mudah ditemukan di internet, maka bisa dianggap dialah pemenangnya.


Caranya? Ini dia..

TIPS Lengkap Membuat Nama Brand Agar Lebih Cepat Terkenal Era Digital

Menyesuaikan dengan Pasar

Membuat nama brand tentunya tidak lepas dari penyesuaian target pasar kita. Tahap ini merupakan dasar yang penting sebelum kita menentukan nama brand yang akan kita gunakan.

Contohnya ketika target pasar kita adalah anak muda yang sporty, maka nama brand kita harus dapat menciptakan citra yang penuh semangat, inspiratif, dapat menciptakan kebanggaan, dan apapun yang berkaitan anak muda.

Contoh lainnya, apabila target pasar kita adalah ibu rumah tangga atau konsumen yang sudah berkeluarga, maka nama brand kita harus dapat menciptakan citra yang bijak, smart,
harmonis, dan lain sebagainya.

Namun semua tergantung kita, apakah kita ingin menyesuaikan nama band dengan pasar yang kita tentukan sebelumnya. Hal yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat menciptakan citra melalui nama brand yang kita tentukan. Hal ini karena citra brand dapat menentukan sikap konsumen kita.


Melakukan riset nama brand

Seperti yang kita tahu, ada begitu banyak nama brand bertebaran di internet. Tidak ada salahnya kita menilai seberapa kuat brand yang kita temukan di internet.

Dalam riset tersebut, kita akan menemukan beberapa brand produk atau jasa yang diberi nama sesuai dengan karakter, jenis, fungsi, bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Contohnya:

Nama brand berdasarkan jenis:

Aqua, Telkom, Luwak White Coffee, Microsoft, Iphone, Coca Cola, Kentucky Fried Chicken, dan lain sebagainya.

Nama brand berdasarkan bentuk produk atau kemasan:

Teh Botol Sosro, Teh Kotak, Burger King, dan lain sebagainya.

Nama brand berdasarkan nama karakter:

Mcdonald's, Disney, Doctor Martens, Maicih, Honda, Suzuki, dan lain sebagainya.

Nama brand berdasarkan sifat atau citra:

Facebook, Twitter, Path, Detik, Koran Kompas, Koran Tempo, dan lain sebagainya.

Nama brand berdasarkan nama objek lainnya:

Jaguar, Puma, Bintang Beer, Land Rover, Bear Brand, dan lain sebagainya.

Masih banyak nama-nama brand yang dibuat berdasarkan berbagai macam hal. Namun dari riset nama brand, kita bisa membuatnya berdasarkan kebutuhan kita. Namun yang pasti, nama brand sudah sebaiknya memiliki makna yang mudah dimengerti.


Membuat nama brand dengan makna yang mudah dimengerti

Tidak harus unik agar mudah diingat, brand yang memiliki makna yang mudah dimengerti justru lebih baik.

Makna yang kuat membuat orang lain dapat lebih mengerti dan mengingat lebih lama jika dibandingkan nama yang sekedar unik saja.

Keunikan nama brand seringkali hanya bertahan sebentar, atau paling tidak hanya sebatas diingat dan dipahami, namun tidak dapat memberikan pengaruh besar terhadap sikap pasar.

Sedangkan makna yang kuat justru dapat lebih memberikan pengaruh terhadap sikap pasar.

Perbedaan terbesarnya dapat kita samakan dengan gaya berbisnis kita sendiri, ingin berbisnis dengan cara Hard sell atau Soft sell. Keduanya dapat dimengerti dan diingat, namun yang mana yang akan kita pilih agar dapat mempengaruhi sikap pasar kita.


Nama brand mudah diucapkan, ditulis dan dibaca

Nama brand yang mudah diucapkan memberikan dampak besar terhadap daya ingat pasar. Salah satunya dengan tidak menggunakan terlalu banyak kata. Selain mudah diucapkan, nama brand tentunya juga harus mudah ditulis dan dibaca.


Demi menilai apakah nama brand kita dapat mudah diingat dan disukai, ajaklah orang lain untuk mengucapkan, menulis dan membaca nama brand kita, serta ajak mereka untuk memberikan pendapatnya.

Beberapa perusahaan asing memiliki brand yang cara penulisannya berbeda dengan cara membacanya.


Brand-brand tersebut menggunakan aksen tersendiri dalam pengucapannya. Aksen ini menjelaskan darimana brand tersebut berasal.

Hal ini dinilai wajar karena pada awalnya brand-brand tersebut kebanyakan hanya menyesuaikan target konsumen lokal sebelum akhirnya berkembang dan dikenal luas.


Nama brand belum digunakan orang lain

Ini penting! Jangan menggunakan nama brand yang sudah ada, karena dampaknya akan menjadi bumerang bagi kita. Brand kita hanya akan dianggap sebagai peniru atau mendapatkan nama yang buruk oleh banyak orang. Atau brand kita hanya akan meningkatkan kepopuleran brand yang sudah ada sebelumnya.

Di dunia digital, kita dapat melakukan riset tentang nama brand yang akan kita gunakan melalui fitur pencari.


Contohnya kita bisa mengetikan nama yang rencananya akan kita gunakan pada kolom pencari google, facebook, twitter, dan media sosial lainnya.

Namun untuk lebih jelas apakah brand kita sudah digunakan atau belum, kita bisa mencari tahu di Indonesia Trademark Database.




Situs ini berisi tentang daftar kekayaan intelektual perusahaan atau organisasi termasuk nama brand atau perusahaan atau organisasi, hingga logo yang digunakan atau status kepemilikannya secara resmi.



Konsisten menggunakan nama brand yang sudah dibuat

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa membuat nama brand sama seperti memberikan nama untuk buah hati. Apabila kita mengganti nama brand kita, maka kita hanya akan mengulang semuanya dari awal lagi.


Segera buat website pribadi

Siapa cepat dia dapat. Ungkapan ini sangat penting ketika kita berbisnis di dunia digital. Tujuannya agar nama brand yang akan kita gunakan tidak digunakan lebih dulu oleh orang lain. Jangan bilang kalau membuat website membutuhkan kemampuan khusus dan prosesnya menyita waktu. Coba saja Jarvis Store.



Membuat website dengan Jarvis Store sangat mudah. Hanya butuh 3 menit website kita sudah bisa digunakan. Fiturnya juga cukup lengkap. Jadi tunggu apalagi?



Daftarkan di berbagai situs internet

Ketika kita sudah memiliki nama brand, selanjutnya adalah mempublikasikannya. Di era teknologi ini, kita perlu mendaftarkan brand kita di berbagai situs internet.

Tujuannya adalah mengikuti tren perilaku masyarakat modern yang mencari segala sesuatunya melalui internet. Jika kita ingin brand kita dikenal dengan cepat dan secara luas, maka media internet adalah solusinya.


Media Sosial

Selain sebagai alat pemasaran yang cukup ampuh, media sosial juga dapat berfungsi sebagai perantara yang sangat dekat dengan pasar kita. Sebelumnya, kita perlu mendaftarkan brand kita di media sosial dengan cara membuat akun di media sosial dengan nama brand kita.

Media sosial yang saat ini memiliki jumlah penggunanya yang cukup banyak dan terus berkembang, serta dapat dapat dijadikan sebagai media pemasaran yang efektif antara lain adalah FacebookInstagramTwitterGoogle+Pinterest, dan Blackberry Messenger.


Meskipun terdapat banyak jenis media sosial, kita juga harus mengenal karakter dari media sosial yang akan kita gunakan. Selain itu, kita juga perlu mengetahui para pengguna media sosial dan tren yang sedang terjadi.


Baca Juga:Tips Lengkap Memulai Bisnis Menggunakan Facebook


Situs Jual Beli Online

Situs jual beli online merupakan jenis situs yang dikenal memiliki peranan penting dalam melakukan transaksi jual beli.

Situs ini biasa digunakan baik oleh pemula atau pebisnis besar dalam melakukan pemasaran secara massal.

Baca juga:Tips Sukses Lengkap Berjualan di Toko Online



Perkenalkan brand di Forum

Kebanyakan orang masih memiliki sifat yang suka berkumpul dan berbincang satu dengan lainnya. Forum-forum di internet dapat menjadi tempat yang pas untuk saling berbagi informasi.

Berbeda dengan media sosial yang memiliki fitur dan fungsinya yang terbatas, dalam forum kita dapat membuat suatu topik secara khusus dengan pembaca yang sudah tersegmentasi.

Forum dengan banyak pengguna aktif antara lain KaskusKompasianaForum DetikWarungkopi OkezoneForum Liputan6, dan masih banyak lagi. 



Bergabung di komunitas

Komunitas memiliki peran penting baik bagi pebisnis pemula hingga pebisnis besar. Dalam komunitas bisnis, selain sebagai tempat berbagi informasi dengan sesama pebisnis dari berbagai bidang usaha, kita juga dapat melakukan beragam kerja sama bisnis.

Salah satu contoh komunitas bisnis:

www.smartbisnis.co.id


Daftarkan bisnis kita di Google Bisnis

Istilah "mbah Google" bukan lagi hal yang baru bagi kebanyakan orang. Istilah ini ada karena tren perilaku masyarakat modern yang mencari segala sesuatunya melalui internet. Google sendiri merupakan fitur pencari terbesar dengan banyak penggunanya.

Google Bisnis merupakan salah satu fitur yang ditawarkan Google kepada pemilik bisnis untuk mendaftarkan bisnis milik mereka ke dalam semua fitur Google melalui "satu pintu". Hasilnya?


Ayo kita berperan sebagai seseorang yang sedang berkunjung ke daerah Semarang, Jawa Tengah.


Selanjutnya kita ingin mencari tempat makan di Semarang, sedangkan kita tidak tahu letaknya. Kita juga tidak tahu menu, harga, hingga suasana tempat yang sesuai dengan keinginan kita.

Lalu ketika kita mencarinya dengan mengetik di kolom pencari "Tempat makan di Semarang", maka akan muncul banyak pilihan secara detail seperti gambar ini:



Disini kita bisa melihat berbagai tempat makan lengkap dengan informasi kontak dan jam operasionalnya.

Kita juga dapat melihat alamat tempat makan dan bisa diarahkan menuju lokasi tersebut melalui Google Maps.

Selain berbentu peta, kita juga dapat melihat lokasinya secara nyata melalui Google Street. Tentang tempat makan tersebut, kita dapat melihat foto-foto tentang tempat tersebut, sehingga kita dapat melihat seperti apa menu yang di tawarkan beserta suasananya.

Dan yang paling penting, kita bisa melihat berbagai testimoni pengunjung terkait tempat tersebut.

Jika kita mendaftarkan bisnis kita di Google Bisnis, maka kita persentase brand bisnis kita dapat ditemukan oleh banyak orang melalui internet semakin besar.


Pelajari SEO

Search Engine Optimizer (SEO) merupakan teknik penting yang harus kita pelajari dan kita gunakan apabila brand kita ingin dengan mudah ditemukan oleh banyak orang di internet.

SEO merupakan senjata penting bagi pebisnis yang menggunakan media internet sebagai alat pemasarannya.

Tujuannya adalah agar brand yang kita miliki dapat dengan mudah ditemukan oleh banyak orang di internet.

Jika pebisnis pemula dengan brand barunya dapat mempraktikan SEO, maka ia dapat mengalahkan Brand besar yang tidak mempraktikan SEO.



Baca juga: Beragam informasi, tips dan triks tentang SEO

Kesimpulan

Setelah semua yang kita lakukan demi membuat nama brand kita lebih cepat terkenal di era digital, kita hanya perlu fokus terhadap tren dan teknologi informasi. Tujuannya adalah agar bisnis kita dapat dengan mudah ditemukan diantara jutaan nama brand lain yang menjadi kompetitor.


Selama kita menguasai tren dan teknologi informasi, kita dapat menang dalam persaingan apapun.


***



Ditulis oleh:
Sony Swangga
Praktisi Humas, Media Sosial dan Pemasaran Digital

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

2 komentar:

  1. bner banget kudu banget pokonya dalam merek harus tau seo BTW aku mau reccomend nih ka mumpung lagi promo JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum wr,wb
      Ki nawe… saya IBU NISA,tki di malaysia
      mengucapkan banyak2 terima
      kasih kepada ki.Nawe
      atas dana ghaib yang
      kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
      dan berkat bantuan
      ki nawe saya bisa
      melunasi semua hutan2
      orang tua saya yang ada di
      BANK BRI dan bukan hanya
      itu AKi NAWE alhamdulillah
      sekarang saya sudah bisa
      bermodal sedikit untuk
      mencukupi kebutuhan
      keluarga saya sehari2. itu
      semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
      makasih banyak yah KI NAWE…
      yang ingin merubah nasib
      seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
      0852-1837-9259 dijamin
      100% ada atau silahkan
      buktikan sendiri PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

      Hapus

Sony Swangga
+6285693433333
Jakarta, Indonesia

HUBUNGI SONY SWANGGA