Hello,This is me!

Sony Swangga

Professional Digital Campaign Professional Public Relations Creative Marketer

Pentingnya Kerja Sama Bisnis untuk Pebisnis Pemula

  • - Sony Swangga -
Kebanyakan pebisnis pemula seringkali terbentur dengan berbagai hambatan besar pada awalnya.

Beberapa diantaranya seperti sulit dan tingginya biaya pendirian badan usaha, modal yang terbatas, sulit dan tingginya harga jual ataupun sewa tempat usaha, minimnya relasi dengan klien, keterbatasan pengalaman dan informasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Pentingnya Kerja Sama Bisnis untuk Pebisnis Pemula


Beberapa alasan dan keuntungan dengan adanya kerja sama bisnis

Badan Usaha

Ternyata masih banyak pelaku usaha yang tidak memiliki badan usaha. Ketika bisnis yang dijalankan mulai sukses dengan transaksi yang cukup besar, atau ketika ingin mengikuti tender resmi, atau ketika ingin meningkatkan brand awareness, sayangnya mereka tidak memiliki badan usaha demi melegalkan segala kegiatan usahanya.

Namun berkat adanya kerja sama bisnis, kita dapat bertemu dengan pengusaha lain yang berada pada kondisi yang sebaliknya.

Maka tidak menutup kemungkinan para pebisnis tanpa badan usaha dapat bekerja sama dengan para pemilik badan usaha tanpa bisnis.

Tempat Usaha

Masalah yang hampir sama dengan pentingnya badan usaha. Sangat banyak pebisnis handal menjadi raja di dunia digital, namun hanya sebagai gelandangan tanpa rumah di dunia nyata.

Begitupun sebaliknya. Sangat banyak pebisnis yang memiliki tempat usaha yang super mewah dengan lokasi strategis, namun buta dengan teknologi di tengah pesatnya era digital.

Dengan adanya kerja sama bisnis, kedua pebisnis yang sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan ini bisa menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Investasi

Ada banyak pebisnis dengan prospek yang begitu cerah membutuhkan modal cukup banyak yang bukan pinjaman.

Di lain sisi, banyak pula pemilik modal yang tidak ahli dalam berbisnis, namun dengan sikap optimis dan ingin berinvestasi kepada pemilik usaha dengan prospek bisnis yang baik.

Yup, maka tidak perlu diragukan apa yang terjadi selanjutnya lagi bila kedua sisi ini saling bertemu.

Relasi Bisnis

Ada banyak pebisnis pemula dengan relasi yang sangat sedikit. Padahal setiap pebisnis membutuhkan relasi seluas-luasnya demi menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Minimal, hubungan antara pemilik usaha, produsen, penjual, distributor, dan pembeli sudah dimiliki setiap pebisnis. Namun masih banyak lagi elemen-elemen yang diperlukan oleh pebisnis pemula sehingga mereka membutuhkan pebisnis lainnya.

Dengan adanya kerja sama bisnis, maka setiap pebisnis yang memiliki keahlian dan bidangnya masing-masing bisa saling bekerja sama.

Di mana tempat untuk kerja sama bisnis?

Meskipun pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang pentingnya modal bisnis di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) serta cara mendapatkan modal bisnis, namun berbisnis tidak hanya membutuhkan modal yang cukup.

Kita memerlukan komunitas bisnis yang mampu membantu menyelesaikan berbagai persoalan kita dari berbagai sudut pandang.

Konsep komunitas dapat membawa setiap pelaku bisnis berada dalam satu ruang lingkup bisnis dengan hubungan kerja sama yang saling membutuhkan, saling membantu, saling berbagi, dan saling memberi.

Namun tidak semua komunitas memiliki kerja sama bisnis yang dengan secara bebas dapat dilakukan setiap anggotanya.


Masih banyak pula komunitas bisnis yang dalam setiap kegiatannya memiliki keterbatasan yang dibuat oleh pemilik ketua atau pemilik komunitasnya.

Belum lagi, komunitas tersebut biasanya hanya dikelola untuk kepentingan pemilik komunitasnya, seperti bertujuan mengumpulkan banyak orang sebagai target pasarnya pribadi.

Sehingga setiap anggota komunitas tidak dapat bergerak bebas, terutama jika bisnisnya bergerak di bidang yang sama dengan pemilik komunitasnya.

Mengantisipasi hal tersebut, smartbisnis.co.id yang sebagai komunitas bisnis memberikan keleluasaan terhadap para anggota komunitasnya untuk dapat saling terhubung tidak hanya sebatas kerja sama antar anggota.


Meskipun demikian, keterbatasan terhadap kerja sama yang dilarang oleh hukum yang berlaku juga wajib dipatuhi agar tidak terjadi penipuan hingga perselisihan dalam komunitasnya.

Jadi jangan khawatir apabila sebagai pebisnis pemula membutuhkan hubungan kerja sama bisnis dengan puluhan ribu pelaku bisnis dari berbagai bidang, cukup mendaftar dengan GRATIS melalui smartbisnis.co.id.


Ditulis oleh:
Sony Swangga
Praktisi Humas, Social Media dan Pemasaran Digital

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 komentar:

Sony Swangga
+6285693433333
Jakarta, Indonesia

HUBUNGI SONY SWANGGA