Hello,This is me!

Sony Swangga

Professional Digital Campaign Professional Public Relations Creative Marketer

20 Publik Figur dengan Fanpage Terbaik di Indonesia, Siapa Saja Mereka?

  • - Sony Swangga -


Facebook merupakan salah satu media sosial popular kategori social network yang saat ini penggunanya terus meningkat. Selain sebagai menjalin hubungan pertemanan di dunia maya, facebook juga dapat digunakan sebagai wadah popularitas seorang publik figur, membuat dan membangun komunitas, hingga berbisnis dengan menggunakan fitur fanpage dalam facebook.

Baca juga:

Mulai dari artis, olahragawan, hingga tokoh politik kini telah memiliki fanpage demi membina hubungan dengan banyak pengguna facebook yang "mengidolakannya". Lalu siapa saja publik figur dengan fanpage terbaik?

Catatan penting:
  1. Artikel ini tidak memiliki kepentingan apapun termasuk mengiklankan fanpage tertentu.
  2. Hasil yang ditampilkan berasal dari situs sosial media monitoring and analisis www.fanpagekarma.com (Fanpage Karma) asal Berlin, Jerman.
  3. Segala hasil yang ditampilkan bukan ditentukan berdasarkan survey maupun observasi yang dilakukan individu maupun instansi, melainkan berasal dari metriks analisis dari Application Programming Interface (API) yang dimiliki oleh Fanpage Karma.
Berikut adalah 20 Publik Figur dengan Fanpage Terbaik di Indonesia versi Fanpage karma:

20 Fanpage Figur dengan Fans Terbanyak

Fans merupakan bagian penting bagi fanpage itu sendiri. Contohnya jika kita menyukai suatu fanpage dan melakukan klik pada tombol Like, maka kita sudah menjadi fans dari fanpage tersebut. Berikut adalah 20 fanpage publik figur dengan fans terbanyak asal Indonesia:

20 Fanpage figur dengan fans terbanyak

Jika kita melihat 20 Fanpage figur dengan fans terbanyak, kita dapat melihat bahwa 5 urutan teratas dimiliki oleh pemain sepak bola Christiano Ronaldo hingga Wayne Rooney. Selain pemain sepak bola, tidak lupa juga sederet artis dalam negeri dan mancanegara maupun motivator terkenal Mario Teguh. Selain itu juga terdapat fanpage tokoh politik seperti Prabowo Subianto di urutan ke 11 dengan dan Presiden Joko Widodo pada urutan ke 20.

20 Fanpage Figur dengan Engagement Terbanyak

Engagement merupakan bentuk feedback di media sosial. Fanpage dengan Engagement memiliki arti bahwa konten yang diposting mendapatkan banyak feedback dari fansnya. 


Memiliki makna negatif ataupun positif,itu tergantung darimana kita melihatnya. Fange Karma menghitungnya berdasarkan kalkulasi jumlah Likes, Comment dan Share per hari dari jumlah fans yang dimiliki. Berikut adalah 20 Fanpage figur dengan engagement terbanyak dari fans Indonesia:

20 Fanpage figur dengan engagement terbanyak

Sahabat JR Saragih menjadi fanpage dengan engagement terbanyak. Fanpage ini khusus dibuat oleh Bupati Simalungun periode 2016-2021. Selain itu, Sandiaga Salahuddin Uno juga termasuk daftar fanpage dengan engagement terbanyak pada urutan ke 10. Jangan lupakan fanpage artis Indonesia Raffi Ahmad yang cukup populer di facebook. Ada juga figur yang cukup fenomenal di dunia facebook Jonru yang sempat berkali-kali menjadi tren.

20 Fanpage Figur yang Terus Berkembang

Setelah mengetahui siapa pemilik peringkat engagement tertinggi publik figur, Fanpage Karma juga menilai suatu fanpage dengan nilai pertumbuhan yang terus meningkat selama 28 hari terakhir dari jumlah fans yang terus bertambah. Jika data ini dibuat pada 5 Agustus 2016, maka inilah hasilnya:

20 Fanpage figur dengan perkembangan terbaik

Pada urutan pertama dan kedua memang tidak banyak dikenal secara umum, namun fanpage tersebut memiliki jumlah pertumbuhan fans yang cukup signifikan. Selain itu Sandiaga Salahuddin Uno kembali hadir menempati daftar fanpage terbaik dengan jumlah fans yang terus bertambah selama 28 hari terakhir pada urutan ke 4. Ada juga seorang entrepreneur Alex P Chandra yang sukses meningkatkan jumlah fansnnya pada urutan ke 6.

Ada juga tokoh politik Luhut Binsar Pandjaitan yang berada pada urutan ke 11. Mantan Bupati Bantaeng Prof. Nurdin Abdullah berada pada urutan ke 17. 

20 Fanpage Figur dengan Performansi Terbaik

Performansi dalam fanpage merupakan indikator penting kekuatan fanpage itu sendiri. Performansi atau biasa dikenal sebagai Page Performance Index (PPI) merupakan kalkulasi dari jumlah engagement dan pertumbuhan fans. Dengan kata lain, inilah yang menentukan siapa publik figur pemilik fanpage terbaik di Indonesia periode Juli 2016.

20 Publik figur yang memiliki fanpage dengan performansi terbaik antara lain:

20 Fanpage figur dengan permormansi terbaik
Pada urutan pertama terdapat Jonru disusul oleh Sandiaga Salahuddin Uno di urutan ke 2. Selanjutnya diikuti oleh Prof. Nurdin Abdullah dan publik figur lainnya dari kalangan artis, entrepreneur, hingga politik.

Demikianlah 20 Publik Figur dengan Fanpage Terbaik di Indonesia dari Fanpage Karma selama 28 hari terakhir hingga tulisan ini dibuat pada 7 Agustus 2016.

Maka kembali disampaikan bahwa artikel ini tidak memiliki kepentingan apapun termasuk mengiklankan fanpage tertentu.

Segala hasil yang ditampilkan bukan ditentukan berdasarkan survey maupun observasi yang dilakukan individu maupun instansi, melainkan berasal dari metriks analisis dari Application Programming Interface (API) yang dimiliki oleh Fanpage Karma.

Baca juga:

100 Fan Page Terbaik Asal Indonesia dengan Jumlah Fans Fantastis, Siapa Saja Mereka?

***

Ditulis oleh:
Sony Swangga
Praktisi Humas, Media Sosial dan Pemasaran Digital

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Sony Swangga
+6285693433333
Jakarta, Indonesia

HUBUNGI SONY SWANGGA