13 Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank Website atau Blog

13 Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank Website atau Blog


Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank Website atau Blog


Alexa.com adalah anak perusahaan dari Amazon.com. Situs ini memberikan informasi traffic website kita. Berbeda dengan analytics.google.com yang menghitung traffic apa adanya terkait visitor yang masuk ke web kita, Alexa.com menghitungnya berdasarkan visitor pengguna Alexa Toolbar. Meningkatkan jumlah traffic di Alexa.com tidak semudah dengan menggunakan Google Analytics. Kenapa?

Secara sederhana Alexa Rank menghitung jumlah pengguna Alexa Toolbar yang mengunjungi website atau blog kita. Jadi, selain pengguna Alexa Toolbar tidak akan dihitung oleh Alexa.com. Meskipun jumlah pengunjung website atau blog kita berjumlah puluhan ribu per hari tidak akan terhitung jika semua pengunjung kita tidak menggunakan Alexa Toolbar. Selain itu, perhitungannya berdasarkan metriks gabungan dari pageview dengan reach. Lah, kok, susah banget ya? Lalu..

Alasan ingin meningkatkan peringkat Alexa website atau blog?

Nah, ini dia. Webmasters, pengiklan dan advertising network menggunakan peringkat Alexa.com untuk menilai link iklan pada website atau blog kita. Cuma itu? Cuma untuk dilirik pengiklan dan webmasters? Yes! Kalau memang salah satu tujuan kita ingin mendapat uang dari pengiklan di website atau blog kita, meningkatkan Alexa Rank adalah tujuan pertamanya. Dan dari hasil Alexa Rank, kita juga bisa memberikan harga yang pantas kepada para pengiklan dari posisi rangking website atau blog yang kita miliki. Meskipun banyak orang yang berpendapat bahwa perhitungan metriks yang digunakan Alexa Rank tidak akurat, namun tetap saja, Alexa Rank masih menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin memamerkan peringkat blog atau website mereka secara terbuka. Hmm, mungkin karena hasil Google Analytics tidak seperti Alexa Rank yang dapat dilihat oleh siapa saja menjadi salah satu alasan para pemilik website atau blog berupaya keras meningkatkan rangking Alexa mereka.

Bisakah memanipulasi atau memainkan hasil Alexa Rank?

Nah, ini pertanyaan yang lumayan sulit. Ada jutaan pemilik website atau blog yang “mati-matian” ingin meningkatkan rangking website mereka. Segala cara dilakukan. Ada yang mengatakan kalau Alexa didapat dari cara white hat, namun ada juga yang mengatakan metode black hat juga dapat memberikan pengaruh. Perbedaan hasilnya? White Hat memberikan hasil peningkatan yang cukup lama, namun juga dapat bertahan lama. Cara ini juga dianggap lebih aman dibandingkan metode black hat. Sedangkan sebaliknya, Black Hat memberikan hasil peningkatan yang sangat cepat, sayangnya hanya bertahan sebentar. Ada yang menggunakan metode salah satunya, ada juga keduanya. Tergantung bagaimana kita meyakininya. Namun bukan berarti metode White Hat dianggap sulit dan tidak bisa dilakukan demi mendapatkan hasil yang lebih cepat. Nah, berikut cara yang dapat dilakukan demi meningkatkan Alexa Rank website atau blog kita.

Install Alexa Toolbar

Yup, ini HARUS! Segera pasang Alexa Toolbar di browser kita. Caranya, pasang Alexa Toolbar dari situsnya di sini.


Mengajak orang lain menggunakan Alexa Toolbar

Bekerja di kantor yang banyak menggunakan perangkat komputer? Nah, kita bisa meminta semua teman-teman kita untuk menginstall Alexa Toolbar dalam browser di komputer masing-masing. Atau bisa juga mengajak siapapun yang mau menggunakannya. Lalu, jangan lupa ajak mereka untuk mengunjungi blog atau website kita.

Pasang Widget Alexa Rank di website atau blog kita

Entah bagaimana algoritma ini berjalan, tapi sudah cukup banyak orang meyakini efektifitas memasang widget Alexa Rank di website atau blog kita. Jadi, tidak ada salahnya mencoba. Caranya cukup mudah. Cukup ubah pengaturan html website atau blog kita, lalu masukkan kode di dalam html kita. Ada 2 jenis widget Alexa. Berikut cara memasang Alexa widget di website atau blog kita.


Widget Alexa Rank pertama:

Widget Alexa Rank ukuran kecil

KODE:

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/t/a?url=yoursite.com"></script></a>

Widget Alexa Rank ke dua:

Widget Alexa Rank ukuran besar

KODE:

<a href="http://www.alexa.com/siteinfo/yoursite.com"><script type="text/javascript" src="http://xslt.alexa.com/site_stats/js/s/a?url=yoursite.com"></script></a>

PERHATIAN:

Selanjutnya, ganti url yoursite.com menjadi link website atau blog kita.

Selanjutnya tentang Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank Website atau Blog

Menulis tentang Alexa

Kronologinya, di tengah banyaknya pemilik website atau blog ingin meningkatkan jumlah Alexa Rank, hal pertama yang ingin dilakukan adalah mencari tahu cara meningkatkan rangking Alexa dengan cepat dan tepat. Maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mengunjungi website atau blog kita dari hasil penelusuran mereka.

Memperkenalkan URL di forum webmaster

Webmaster biasanya sudah memasang Alexa Toolbar. Undang mereka untuk mengunjungi website atau blog kita. Dari kunjungan para pengguna Alexa Toolbar tersebut diharapkan bisa meningkatkan jumlah traffic website atau blog kita dan dapat mempengaruhi peringkat di Alexa Rank.


Membuat Webmaster Tool di website atau blog kita

Salah satu daya tarik bagi webmaster untuk mengunjungi website atau blog kita adalah bisa mengakses ke alat-alat atau perlengkapan yang kita miliki. Jadi, buatlah website atau blog kita semenarik mungkin sebelum mendapat kunjungan. Wah, harusnya hal ini di sampaikan pertama.


Membuat kategori Alexa dalam website atau blog kita

Yup, tidak hanya kategori, kita juga harus menghubungkan segala konten yang berhubungan dengan Alexa ke dalam kategori tersebut.

Membeli banner atau link dari forum webmaster dan website

Iklan yang terlihat menarik dan ditampilkan dengan baik dapat mendorong banyak traffic webmaster yang savvy dan sudah menginstall Alexa Toolbar ke website atau blog kita, sehingga secara signifikan dapat meningkatkan peringkat kita.

Menyewa poster forum dengan member yang aktif

Sama seperti beriklan dengan banyak audiens sebagai targetnya. Tujuannya jika iklan yang kita pasang dapat mendorong member dalam forum tersebut mau mengklik iklan kita.


Pasang Alexa Toolbar di banyak perangkat

Cara ini cukup unik. Kita dapat meminta pemilik warnet untuk memasang Alexa Toolbar di setiap browser komputer yang dimiliki, lalu atur browser di semua komputer agar menjadikan website atau blog kita sebagai homepage.

Menulis Konten yang unik dan berkualitas sesering mungkin

Metode ini sangat disarankan tidak hanya dari perhitungan Google Analytics, namun juga Alexa.com. Keunikan konten dinilai dari sisi orisinalitas konten atau tidak terdapat di website atau blog milik orang lain. Dari keunikan tersebut dapat menyesuaikan algoritma yang dimiliki Google Analytics dan Alexa.com. Kalau kita semakin sering membuat konten yang orisinil, maka pertumbuhan Alexa Rank kita juga semakin cepat naik. Penasaran bagaimana cara membuat konten yang unik dan berkualitas? Silakan membacanya di sini.

Menggunakan Alexa Auto Surfs

Nah, yang ini merupakan metode “black hat”. Hasilnya juga dapat terlihat fantastis. Kita dapat meningkatkan jumlah pageviewSession maupun Visitor dengan sangat cepat dari para penggunanya di seluruh dunia yang mengunjungi secara “paksa” website atau blog kita dalam waktu tertentu, begitu pula dengan kita yang mengunjungi website atau blog orang yang tidak kita kenal dari seluruh dunia. Metode ini terbilang berhasil meningkatkan jumlah traffic di Google Analytics dan Alexa Rank. Namun sayangnya jika kita penyedia jasa iklan kontekstual seperti Adsense, website atau blog kita akan berpeluang besar terkena banned. Jadi, berhati-hatilah menggunakannya dengan cara membatasi pemakaiannya.

Secara berkala mengganti IP Address

Ini juga merupakan “Black Hat”. Banyak orang berusaha membuat tipuan dengan menggunakan IP Address yang dapat berganti-ganti dengan menggunakan tools tertentu ketika mengunjungi blog atau website milik pribadi. Jika bukan karena dihantui virus yang akan masuk ke dalam komputer atau website kita, tidak banyak orang yang berani mengambil resiko ini. Yah.. Kecuali kalau kita seorang hacker. :p

Cara lainnya?

Menulis konten yang unik dan menarik. Panduannya bisa di lihat di sini.



Sony Swangga